Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 2016

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 2016

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan salah satu program kerja BIOS yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Bernamakan “BIOS INTEL 2016” yang berarti Introduction and Education Training of Leadership, LDK BIOS kali ini diharapkan dapat melatih jiwa kepemimpinan yang ada pada diri temen-temen, memberikan rasa tanggung jawab serta melatih keberanian untuk berani melangkah dan mengambil keputusan, sekaligus menyambut anggota baru yang nantinya akan bergabung dengan keluarga BIOS.

LDK untuk tahun 2016 kali ini mengangkat tema “Reach the Top with BIOS” dengan esensi bahwa organisasi bukanlah halangan dan hambatan dalam berprestasi. Dengan menjadi keluarga BIOS, kita pun bisa menjadi unggul dan menjadi nomor 1. BIOS INTEL 2016 terdiri dari dua rangkaian acara. Yang pertama adalah acara pengenalan secara umum mengenai BIOS kepada mahasiswa baru , yang dinamakan “BIOS 101, Road to LDK BIOS”. Yang kedua adalah acara puncak yaitu LDK itu sendiri.

“BIOS 101, Road to LDK BIOS”, dari namanya saja sudah terdengar unik ya. Apa sih maksud angka “101” itu? Mengacu pada salah satu Universitas di Amerika yang menggunakan kode angka 101 untuk mata kuliah pengantar pada kampusnya, acara BIOS 101, Road to LDK ini dimaksudkan untuk menjadi mata kuliah pengantar bagi mahasiswa baru agar bisa mengenal lebih dalam mengenai BIOS itu sendiri.

Setelah diberikan pengenalan, mahasiswa yang sudah mendaftar pun nantinya akan dibagi dalam beberapa kelompok dan kemudian diberi sebuah tugas yang akan berkaitan dengan LDK. YA, tugas. Tentunya belum afdol dong ya jika mengikuti LDK tanpa adanya tugas ya 😛

Esensi yang didapat dari kalian mengerjakan tugas ini adalah bagaimana kalian dapat berkelompok menjadi satu dengan berbagai orang dengan latar belakang dan karakter yang berbeda-beda, bagaimana kalian dapat menyempatkan dan menyatukan waktu untuk berkumpul dan berdiskusi, berpendapat dan menerima pendapat, memutuskan dan menerima suatu keputusan, merangkul teman kalian untuk tetap yakin masuk dalam keluarga BIOS. Jika tugas tersebut berhasil dikerjakan dengan baik dan benar, maka kalian akan otomatis mendapatkan tiket agar bisa mengikuti BIOS INTEL 2016.

Akhirnya masuklah pada acara utama, yakni LDK. Ada beberapa rangkaian kegiatan di hari H mulai dari games, materi, pentas seni, jelajah malam, dan masih banyak lagi. Di sini kalian akan bermain games dengan masing-masing kelompok yang sudah dibagi. Setiap games pasti akan ada esensinya. Dan inti dari keseluruhan esensi tersebut adalah kebersamaan, kekeluargaan, kepercayaan dan keberanian. Kalau di acara pentas seni ini, biasanya masing-masing kelompok harus menampilkan pertunjukan yang berdurasi 5 menit. Tujuannya sih untuk menghibur dan menjalin keakraban satu sama lain. Kalian bias menyanyi, dance, tari tradisional, stand up comedy, atau apapun itu yang sesuai dengan bakat kalian.

Lalu ada juga penyampaian beberapa materi. Iyuuh pasti bosen ya dengerin materi-materi gitu. Eits, jangan salah, materi yang diberikan di LDK BIOS tentunya sudah dikemas dengan semenarik mungkin dan biasanya berhubungan dengan kepemimpinan, apa itu BIOS dan sejarahnya, dan bagaimana kakak kakak kita terdahulu mendirikan BIOS dan mampu mempertahankannya hingga sekarang ini. Banyak juga kisah inspiratif dari mereka yang pastiya bakal bikin kita makin cinta deh sama BIOS.

Menjelang malam, setiap kelompok diberikan sebuah lilin yang menyala dan diminta untuk berjalan beberapa meter tanpa memadamkan lilin walaupun ada berbagai serangan dari luar (seperti ciprataan air yang memang disengaja oleh panitia :D). Lilin itu diibaratkan sebagai BIOS, di mana seiap anggota harus tetap solid untuk menjaganya tetap bersinar walaupun banyak serangan dari luar.

Nah ini dia nih acara pamungkasnya (hehe). Yap, jurit malam. Hmm udah kebayang dong ya di jurit malam ini nantinya bakal ngapain aja? Jurit malam ini bertujuan untuk melatih kalian agar menjadi berani dan dapat percaya kepada teman satu kelompok kalian. Pokoknya di kegiatan ini tingkat kekompakan kelompok kalian bakalan bener-bener diuji. Karena kalian nantinya akan berhadapan dengan kehidupan berorganisasi yang notabenenya berhubungan dengan banyak orang, jadi tidak boleh mementingkan ego diri sendiri.

Berbagai rangkaian kegiatan di atas tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan. Karena itu, Jangan pernah takut untuk mengikuti rangkaian acara LDK BIOS. Yang pasti disini kita bakal seneng-seneng bareng dan seru-seruan bareng. Dijamin nyesel deh pokoknya kalo kagak ikutan! 😉

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *